Pages

Amalan

Www.travel-umrah.com

AMALAN YANG MELELAHKAN TIADA HASIL SAMA SEKALI

"Amilatun nashibah" artinya amal yang hanya melelahkan. Ayat ke 3 surah Al-Ghasyiyah, rangkaian ayat di awal surah ini bercerita tentang neraka dan para penghuninya.

Ternyata salah satu penyebab orang dimasuk kan ke neraka adalah sebab amalan yang banyak dan beragam tapi penuh cacat; baik motif dan niatnya, maupun kaifiyat yang tidak sesuai dengan sunnah Rasulullah Salallahu 'Alaihi Wasallam

AstaghfiruLlah al'adzhim…

Alkisah, 'Umar bin Khathab menangis saat mendengar ayat ini.

Alkisah juga, suatu hari Atha As-Salami, seorang Tabi'in bermaksud menjual kain yang telah ditenunnya kepada penjual kain di pasar. Setelah diamati dan diteliti secara seksama oleh sang penjual kain, sang penjual kain mengatakan Ya Atha Sesungguhnya kain yang kau tenun ini cukup bagus, tetapi sayang ada cacatnya sehingga saya tidak dapat membeli nya. Begitu mendengar bahwa kain yang telah ditenun nya ada cacat, Atha termenung lalu menangis. Melihat Atha menangis, sang penjual kain berkata Atha sahabatku, aku mengatakan dengan sebenarnya bahwa memang kain mu ada cacatnya sehingga aku tidak dapat membeli nya, kalaulah karena sebab itu engkau menangis, maka biar kanlah aku tetap membeli kainmu dan membayarnya dengan harga yang pas."

Tawaran itu di jawab nya, "Wahai sahabatku engkau, menyangka aku menangis di sebab kan karena kainku ada cacatnya? Ketahuilah sesungguhnya yang menyebabkan aku menangis bukan karena kain itu. Aku menangis di sebab kan karena aku menyangka bahwa kain yang telah kubuat selama ber-bulan bulan ini tidak ada cacatnya, tetapi dimata Engkau sebagai ahliNya ternyata ada cacatnya. Begitulah aku menangis kepada اَللّÙ‡ُ di karena kan aku menyangka bahwa ibadah yang telah aku lakukan selama ber-tahun tahun ini tidak ada cacatnya, mungkin di mata اَللّÙ‡ُ sebagai ahli Nya ada cacat nya, itulah yang menyebabkan aku menangis."

Semoga kita menyadari se dini mungkin tentang amal yang kita lakukan apakah sudah sesuai ataukah tidak.

Hanya dengan ilmulah kita akan mengetahui dimana letak kekurangan amal kita.
Maka bukan hanya dengan ber amal se-banyak banyaknya tapi jang ber amal dengan sebenar benarnya .

Allahu a'alam Bish-Shawaab

MAUQUTA

No comments:

Post a Comment

Instagram